Kamis, 25 September 2014

Posted by Unknown On 9/25/2014 05:54:00 PM

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” (Ir. Soekarno)

Betapa tinggi harapannya seorang pemuda dimata bung karno. Beliau percaya bahwa yang akan dilirik oleh dunia karena ulahnya adalah pemuda yang mewarisi seluruh jiwa raga dari tubuh Indonesia berlandaskan pancasila. Pemuda merupakan sang pusaka asli dari tanah bangsa penerus kader-kader sebelumnya seperti kader masyarakat, kader keluarga, kader Negara dan kader yang lainnya. Juga selalu di identikan dengan revolusioner atau perubahan yang pantas disematkan kepada pemuda yang menegakkan keadilan dan menolak kekuasaan. Dalam prospek sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya. Dengan tekad dari harapan seluruh masyarakat yang patut diapresiasikan sebagai penghargaan yang bergengsi hanya untuk pemuda yang peduli bangsa. Sejarah telah mencatat dan kitalah yang menjadi saksinya karena kiprah pemuda-pemuda yang tak kenal putus asa dan selalu semangat biarpun jiwa raga menjadi taruhannya. Indonesia bisa merdeka berkat hasil dari para pemuda Indonesia yang gigih seperti Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Jend. Sudirman, Bung Tomo dan lain-lain dengan penuh rasa kasih sayang kepada bangsa untuk mengabdikan dirinya kepada Negara.

Lantas bagaimana dengan kondisi pemuda masa kini? Apakah sesuai dengan harapan dari pernyataan bung karno, jika kita melihat langsung kondisi sekarang atau bahkan diri kita sendiri yang merupakan seorang pemuda bagaimana cara kita menumbuhkan semangat nasionalisme?. Kalau dilihat dalam kacamata Negara dan masyarakat kesannya seakan-akan pemuda sekarang malu untuk mewarisi semangat nasionalisme. Generasi muda cenderung bersikap antusias dalam menghadapi berbagai isu. Seperti contoh, banyak yang berargumen dengan suatu tema terhadap isu tertentu yang harapan dari isi argumennya bahkan melebihi ekspektasi dari bung karno. Tapi ironisnya itu hanya sebatas argumen dan tidak direalisasikan kedalam perbuatan. Apakah ada perbedaan suatu idealisme dalam pemikiran pemuda masa kini dan masa lalu. Tentu sangat jelas, di dalamnya terkandung idealisme pada jiwa dan pikiran generasi muda yang harus mengambil peranan penting dalam kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Pada persamaannya terdapat tekad yang perlu dihidupkan dalam setiap perencanaan, sehingga pelayanan dapat lebih disesuaikan dengan sasaran yang ingin dicapai.

Pada progresnya generasi muda tidak hanya penting dalam membangun kerangka pemberdayaan suatu generasi, tapi juga harus memberikan kontribusi bagi penyiapan generasi selanjutnya, serta revolusi dari regenerasi kepemimpinan dimasa mendatang. Guna menciptakan eksplorasi untuk menemukan hal-hal baru yang berguna bagi kehidupan umat manusia. Maka dari itu peranan pemuda dapat mengemban bangsa dari segi realitas yang terjadi seperti sosial politik yang berkontribusi dengan cara berfikir kritis untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Keterbukaan terhadap daerah-daerah yang bisa dibilang terkena konflik akibat perbedaan ideologi berpotensi kepada perpecahan bangsa. Disinilah peran pemuda sangat dibutuhkan guna menyelesaikan konflik dengan netral melalui jalan tengah.

Dengan menciptakan suatu peluang untuk masa depan tentu hal itu sangat diharapkan pada pemuda masa kini. Seorang pemuda dengan tekad baja bisa menawarkan pada masa depan dengan tidak memikirkan masa lalu. Disini hanya tugas para orang tua untuk menceritakan segenap kisah yang mengesankan yang terjadi sekitar 10 atau 20 tahun kebelakang. Dan juga seorang guru atau ahli sejarah yang harus menjadi pekerjaan rumah terhadap anak didiknya untuk menceritakan suatu kisah yang menyemangati yang tejadi sekitar 10 atau 20 abad ke belakang. Dengan begitu masa depan sudah bisa kita prediksi, apakah akan lebih baik lagi atau bahkan lebih buruk. Berarti pada teori ini adalah peranan generasi tua yang menjadi pelengkap bagi mereka yang akan melanjutkan teori tersebut. Dalam prosesnya termasuk suatu hal tentang turun-temurun ilmu yang pada dasarnya akan diwariskan oleh mereka para pemuda yang siap mengambil resiko apapun yang terjadi.

Jadi semua itu akan terealisasikan dengan segenap fikiran yang memiliki visi dan misi untuk mengubah potensi yang ada menjadi sesuatu yang luar biasa. Potensi yang lebih cenderung terhadap pendidikan yang memiliki ide cemerlang untuk mengangkat daerah terluar Indonesia supaya disamakan dengan daerah-daerah lainnya. Itu adalah segenap harapan yang menjadi tugas seorang pemuda yang menjadi mimpinya. Akan sangat mudah bila diubah menjadi janji-janji yang sudah harus lunas terbayarkan. Mengapa demikian, karena janji tersebut akan menjadi target Indonesia di tahun 2045. Dengan begitu mereka melaksanakan tugasnya dan mereka adalah pemuda idaman bangsa yang akan menjadi sejarah dimasa mendatang.


Berdasarlan Kutipan Dari:
http://setitikbaktikupadadunia.blogspot.com/2012/02/pemuda-dan-indonesia-emas-2045.html

1 komentar:

  1. Slot Machine Games - MapyRO
    Slot 영천 출장샵 Machine Machines. Slot Machine Games. Slots Machines. Slot Machine Games. Slot Machine Games. Slot Machine 하남 출장안마 Games. Slot Machine 대전광역 출장마사지 Games. Slot Machine Games. Slot Machine 청주 출장샵 Games. Slot Machine Games. 남원 출장안마 Slot Machine

    BalasHapus